Selasa, 27 Januari 2015

Share it Please
1.       KONSTRUKSI TANGGA BETON

Pengertian tangga adalah suatu konstruksi atau bangunan yang digunakan untuk menghubungkan antara lantai bawah dengan lantai atas atau lantai 1 ke lantai 2.
Tangga beton adalah suatu konstruksi tangga yang dibuat dengan bahan menggunakan semen (pc),koral,pasir,dan air yang dicampur menjadi suatu campuran yang akan dicetak kedalam cetakan yang sebelumnya sudah dibuat. Didalam cetakan tersebut dipasang suatu rangkaian baja atau besi yang digunakan untuk memperkuat beton yang akan dibuat. Besi tersebut dirangkai melebar dan memanjang dari bagian tangga tersebut. Biasanya besi atau tulangan yang dipakai dalam pembuatan tangga beton yaitu besi berdiameter 8mm atau lebih. 
Tangga beton biasanya sering dijumpai di dalam gedung gedung rumah tinggal, bangunan sekolah, dan gedung perkantoran lainya yang tangganya sering dilalui oleh sekelompok orang banyak. Disamping itu tangga beton dapat dibentuk sesuka hati menurut selera perencana. Bentuk yang paling sederhana adalah tangga bordes berlawanan arah.

Sebagai penerangan pada siang hari dapat menggunakan kisi-kisi (rooster) dari beton. Sebagai sandaran dapat dibuat dengan kayu atau juga menggunakan beton bertulang. Susunan anak tangga juga dapat dibuat variasi antara lain :
1.       Permukaan anak tangga dilapisi dengan adukan tipis.
2.       Permukaan dilapisi dengan papan.
3.       Permukaan dilapisi dengan ubin yang dilekatkan dengan adukan.
4.       Permukaan dilapisi dengan traso.
5.       Permukaan dlapisi dengan karet.
6.       Permukaan dilapisi dengan lembaran plat baja.

Tangga beton umumnya dibuat dari beton bertulang, dengan penulangan yang diperhitungkan berdasarkan pembebanan yang bekerja diatasnya, serta mutu baja dan beton yang digunakan. Oleh karena itu semua dasar hitungan dengan ketentuan yang ada dan tercantum pada PBI 1955 atau PBI 1971


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Follow The Author